Kamis, 16 Mei 2013

tetrasiklin



Bentuk sediaan : kapsul

A.   Dasar teori
             Tetrasiklin adalah salah satu antibiotik spektrum luas pertama dikembangkan dan pernah menjadi antibiotik pilihan untuk berbagai infeksi bakteri. Selain itu, tetrasiklin topikal merupakan salah satu obat pertama yang secara khusus disetujui untuk pengobatan acne vulgaris.
           
            Tetracycline adalah antibiotik poliketida, yang merupakan keluarga obat (tetrasiklin keluarga) yang juga mencakup anti-jerawat yang populer antibiotik doksisiklin dan minosiklin. Antibiotik poliketida bekerja dengan mencegah bakteri yang rentan dari sintesis protein baru (yang mencegah mereka dari tumbuh). Mereka melakukan ini dengan mengikat unit sub-30S ribosom dan kemampuan menghambat untuk menerjemahkan RNA menjadi protein.
           
            Dalam beberapa tahun terakhir, doxycycline dan minocycline telah digantikan tetrasiklin dalam pengobatan jerawat karena keduanya cenderung lebih efektif dan memiliki efek samping yang lebih sedikit. Namun, tetrasiklin masih digunakan dalam pengobatan berbagai jenis infeksi bakteri, termasuk infeksi saluran kemih dan penyakit menular seksual (misalnya klamidia). Resistensi bakteri terhadap tetrasiklin, doxycycline dan minocycline telah menjadi masalah besar di beberapa negara dan telah menyebabkan penurunan penggunaan kelas ini antibiotik pada daerah yang terkena.
           
            Catatan Penting: Informasi yang disediakan di situs ini dimaksudkan untuk tujuan informasi saja dan tidak dimaksudkan untuk mendiagnosa atau mengobati penyakit. Ilmu Jerawat sangat mendorong Anda untuk berkonsultasi dengan profesional medis yang berkualitas sebelum membuat keputusan pengobatan.
           
            Jika memungkinkan, tetrasiklin harus diperoleh melalui konsultasi dokter. Kebanyakan dokter dan dermatologists akrab dengan obat ini, namun cenderung lebih memilih penggunaan baik doxycycline atau minocycline. Tetracycline banyak tersedia dalam nama merek dan formulasi generik dan merupakan salah satu antibiotik yang paling inexpenxive tersedia.
Tetracycline Perbandingan Harga
           
            Saat ini, penggunaan tetracycline sudah jarang sekali. Selain menyebabkan perubahan pada warna gigi dan juga struktur gigi, tertracycline dapat menyebabkan kerusakan tulang dan menghambat pembentukan tulang. Tidak hanya itu, obat ini pun dapat menyebabkan kerusakan hati dan ginjal.

Interaksi Obat:
- Tetrasiklin membentuk kompleks khelat dengan ion-ion kalsium, magnesium, besi dan aluminium. Maka sebaiknya tidak diberikan bersamaan dengan tonikum-tonikum yang mengandung besi atau dengan antasida berupa senyawa aluminium, amgnesium. Susu mengandung banyak kalsium, sehingga sebaiknya tidak diminum bersamaan dengan susu.
- Pengobatan dengan tetrasiklin jangan dikombinasikan dengan penisilin atau sefalosporin.
- Karbamazepin dan fenitoin: menurunkan efektifitas tetrasiklin secara oral.
- Tetrasiklin akan memperpanjang kerja antikluogulan kumarin, sehingga proses pembekuan akan tertunda.

B.    Resep
1.   Resep
        R/ Tetracyclin 500 mg
                         m.f.caps. dtd. No X
2.  khasiat obat
           digunakan untuk mengobati berbagai penyakit akibat bakteri seperti radang tenggorokkan, diare, dan infeksi akibat bakteri yang lainnya
3.    perhitungan dosis sekali maupun sehari
4.    cara kerja
                        lihat dilaporan
5.    etiket
                        lih dilaporan
C.    pembasan
1.     sifat bahan obat
                        Tetrasiklin bersifat bakteriostatik dengan jalan menghambat sintesis protein. Hal ini                   dilakukan dengan cara mengikat unit ribosoma sel kuman 30 S hingga mencegah    terbentuknya amino asetil RNA. Antibiotik ini dilaporkan juga berperan dalam mengikat ion         Fe dan Mg. Meskipun tetrasiklin dapat menembus sel mamalia namun pada umumnya tidak             menyebabkan keracunan pada individu yang menerimanya.
2.    Problema
a.    Tujuan bentuk  sediaan
                                    Bentuk sediaan kapsul Tetracycline digunakan untuk menekan                                                 pertumbuhan bakteri atau bakterisidal kemampuan antibiotic tetracyclin untuk                             mencegah dan menekan hidup bakteri agar tidak berkembang                                                            didalam tubuh secara sporadic
b.    Jumlah penimbangan bahan obat
Jumlah penimbangan bahan obat (tetracycline)sebanyak 5000 mg tanpa penambahan lactosum

c.    Etiket yang digunakan
                                    Lih dilaporan
3.    Penjelasan dosisnya
4.    Tujuan pengobatan
                        Tetracycline yaitu jenis antibiotic dengan spectrum luas yang sering digunakan                              untuk mengobati berbagaipenyakit seperti diare, jerawat dan infeksi akibat bakteri                     yang lainnya.
D.   Kesimpulan
                        Resep dibuat kapsul menjadi 10 kapsul dengan tetracyclin 5000 mg  tanpa             penambahan lactosum, kapsul untuk sekali minum dan diminum sebelum makan.
E.    Daftar pustaka
Ganiswarna, S.G, 1995. Farmakologi dan Terapi Edisi 4. Bagian Farmakologi Fakultas             Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta.

Jawetz, G., Melnick, J. L., dan Adelberg, E. A. 1991, Mikrobiologi untuk Profesi      Kesehatan, Jakarta, EGC.

Pelczar, Michael J, 1986, Dasar-Dasar Mikrobiologi, UI-Press, Jakarta.

Suhendrayatna, 2001, Bioremoval logam berat dengan menggunakan mikroorganisme,             Disampaikan pada seminar on-Air Bioteknologi untuk Indonesia Abad 21. 1-14         Februari             2001, Sinergy Forum-PPI Tokyo Institute of Technology.

Sumadio, H., dan Harahap, 1994, Biokimia dan Farmakologi Antibiotika, USU Press,           Medan.


                       


                       


Tidak ada komentar:

Posting Komentar